just blog it……

……….like no others

CD Pembelajaran Berbasis Multimedia untuk materi Belajar Tata Cara Sholat dan Wudhu Oleh: M Ali Usman dan Hanif Al Fatta

Abstrak
Pada saat ini penggunaan CD pembelajaran sebagai media Bantu pengajaran telah digunakan secara luas. CD pembelajaran dianggap sangat membantu karena menggabungkan beberapa media seperti suara, gambar, animasi dan video sehingga daya serap anak lebih bagus. Penelitian ini bertujuan mengembangkan CD interaktif untuk media belajar tata cara sgolat dan wudhu bagi anak-anak Taman Pendidikan Al Quran.
Penyusunan materi CD interaktif didasarkan pada materi yang selama ini digunakan pada TPA berupa buku dan alat peraga. Materi ini kemudian disusun dalam bentuk menu hirarkie yang memudahkan pengguna dalam mengakses materi yang diinginkan. Proses pengambilan foto, suara dan video dilakukan juga untuk melengkapi data yang dipakai pada proses authoring.
Hasil penelitian ini adalah CD interaktif yang sangat menarik minat belajar anak-anak TPA . Dengan bentuk animasi dengan warna dan gambar bertema anak-anak, maka anak didik akan lebih tertarik dan tidak cepat bosan mempelajari tatacara sholat dan wudhu.
Kata kunci: CD Pembelajaran, interaktif, animasi, authoring
Seiring dengan semakin membudayanya metode pembelajaran agama melalui Taman Pendidikan Al-Quran (TPA), maka berbagai metode pembelajaran juga muncul. Khusus untuk materi tata cara sholat dan berwudhu, beberapa metode telah ada. Metode yang paling klasik adalah guru memberikan contoh dan murid menghafalnya. Dilengkapi dengan buku panduan tatacara sholat dan berwudu. Untuk anak-anak cara ini cenderung membosankan, sehingga muncul beberapa alternatif misalnya video. Tetapi video punya kelemahan dimana penyajian informasi tidak interaktif, sehingga jika dinginkan materi tertentu saja agak susah pengimplementasiannya sebagai media bantu belajar. CD pembelajaran berbasis multimedia menawarkan metode baru yang lebih interaktif. Materi pembelajaran dikemas dalam bentuk menu-menu yang bisa dipilih sendiri oleh anak didik. Animasi juga digunkan untuk lebih menjelaskan tentang tatacara berwudhu maupun bacaan sholat yang benar.

1. Metode Penelitian
Penelitian diawali dengan penentuan materi pembelajaran yang harus ada di dalam kurikulum Taman Pendidikan Al Qur-an. Materi diperoleh dari buku-buku yang dijadikan sebagai referensi maupun alat peraga. Pengamatan secara langsung ke objek juga dilakukan untuk lebih bisa menggali permasalahan utama dari media pembelajaran yang konvensional. Adapun langkah-langkah penelitian secara utuh bisa dijelaskan sebagai berikut:
1.1. Perancangan Isi
Dari aspek isi materi pembelajaran terdiri dari 3 isi utama yaitu tatacara wudhu, tatacara adzan dan tatacara sholat. Untuk masing-masing materi tadi untuk mengawali materi selalu dimulai dengan intro doa sebelum belajar, yang berupa teks dan sound yang memudahkan anak didik untuk belajar. Untuk materi wudhu terdiri dari beberapa submateri yaitu : arti wudhu, fardhu wudhu, syarat wudhu, sunnah wudhu dan tatacara wudhu. Untuk Materi azan terdiri dari beberapa submenu yaitu: arti wudlu, syarat wudhu, hukum wudhu, sunnah wudhu dan lafadz wudlu. Adapun untuk materi sholat terdiri dari sub menu yaitu : arti sholat, syarat sholat, rukun sholat, makruh sholat, pembatal sholat dan tatacara sholat. Untuk submenu yang membutuhkan lafaz dalam bahasa arab aplikasi ini akan melengkapi dengan sound sehingga anak-anak bisa mendengarkan dan menghafalnya. Untuk tatacara sholat dan wudhu akan dilengkapi dengan animasi dan dan ilustrasi untuk mempermudah mempelajari gerakan-gerakan yang benar.

1.2. Perancangan Menu

Berikut gambaran struktur hierarki yang digunakan:

Keterangan dari struktur di atas:

Intro, berisi ayat dan hadist tentang pentingnya beribadah

Menu Utama, berisi menu-menu yang jika di klik tombolnya maka akan keluar sub-sub menunya.

1 = menu untuk bahasan Wudlu

1.1 = sub-menu Arti Wudhu

1.2 = sub-menu Fardhu Wudhu

1.3 = sub-menu Syarat Wudhu

1.4 = sub-menu Sunnah Wudhu

1.3 = sub-menu Tata Cara Wudhu

2 = menu untuk bahasan Adzan

2.1 = sub-menu Arti Adzan

2.2 = sub-menu Syarat Adzan

2.3 = sub-menu Hukum Adzan

2.4 = sub-menu Sunnah Adzan

2.5 = sub-menu Lafaz Adzan

3 = menu untuk bahasan Sholat

2.1 = sub-menu Arti Sholat

2.2 = sub-menu Syarat Sholat

2.3 = sub-menu Rukun Sholat

2.4 = sub-menu Makruh Sholat

2.5 = sub-menu Pembatal Sholat

2.6 = sub-menu Tata Cara Sholat

1.3. Perancangan Desain Tampilan

Di bawah ini merupakan rancangan desain tampilan pada CD Pembelajaran tata cara wudhu dan sholat :

3. Implementasi Sistem

sistem dirancang untuk digunakan sebagai media pembelajaran yang mendampingi pengajar menjelaskan kepada anak didik maupun digunakan sendiri oleh anak didik di rumah. Pada pembelajaran dengan dipandu guru bisa digunakan komputer atau dilengkapi dengan LCD proyektor. Guru memandu murid bagaimana menggunakan sistemnya, kemudian murid-murid akan mencoba sendiri mengoperasikan aplikasi multimedia ini. Jika murid-murid sudah bisa maka murid-murid bisa diberikan copi-nya untuk pembelajaran sendiri di rumah.

4. Penutup
Penggunaan sistem pembelajaran berbasis multimedia untuk pembelajaraan sholat dan wudlu punya beberapa keuntungan :
• Penggunaan banyak media seperti suara dan animasi akan menarik minat anak dalam belajar
• Penggunaan multimedia juga berhasil meningkatkan daya tangkap anak dalam belajar materi sholat dan wudlu

Daftar Pustaka

1. Hartanto, Bernard, Wijaya, Ferdianto. 2004. The Magic Of Flash MX 2004. Jakarta: Elex Media Komputindo.
2. Suciadi, Andreas Andi. 2003. Menguasai Pembuatan Animasi Dengan Flash. Jakarta: Elex Media Komputindo.
3. Suyanto, M.. 2004. Analisis & Desain Aplikasi Multimedia untuk Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
4. http://www.ilmukomputer.com

About these ads

October 29, 2008 - Posted by | jurnal

7 Comments »

  1. mantaf pak :D

    Comment by Class-A | November 1, 2008 | Reply

  2. he he he saya hanya penulis kedua, yang mantaf ya penulis pertamanya mas m ali usman ..

    Comment by provocatoranakbangsa | November 5, 2008 | Reply

  3. Menurut bapak dalam mengembangkan CD pembelajaran ini masih adakah kendalanya?

    Comment by elsa | February 4, 2009 | Reply

  4. penelitian ini bagi saya sgt menarik untuk dipelajari, apalagi dg brkmbgnya teknologi informasi sudah wktunya bagi para pengajar untuk meng-improove metode pngjaranya agar dpt meningktkn motivasi belajar siswa dan yg plg utama meningktkn hasil belajar siswa. berkaitan dg penelitian anda saya tertarik jg untuk bs mendapatkan cd pembelajaran tersebut, mohon informasi untuk mendapatkan cd tersebut.terimakasih

    Comment by muttaqin | April 24, 2009 | Reply

  5. SANGAT BAGUS.

    Comment by IBNU SA'AD | May 16, 2009 | Reply

  6. pak q boleh ngga’ minta dowload cd pmbelajarannya……???
    cos Q butuh banget buat pembelajaran TPQ ku..n bua pembelajaran PPL

    Comment by hasan | May 27, 2009 | Reply

  7. Terima kasih artikelnya.

    Comment by infoserbana | September 10, 2009 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: