just blog it……

……….like no others

artikel seputar penggunaan dasi (1)

Salah seorang Muslim di Amerika Serikat bersembahyang Jumat dimasjid dengan menggunakan dasi. Setelah salat, seorang  temannya memberi tahu bahwa dasi adalah simbol bandit. Apakah anda juga berpendapat bahwa pemakai dasi adalah bandit  [termasuk para [pemimpin dan anggota DPR/MPR]?. Tolong sampaikan pendapat anda kepada kami. Terima kasih.

J2.  Ada suatu hadis sabda Nabi Mohammad s.a.w. “Man tashabbaha bi qoumin fahowa minhom” [Sesiapa yang meniru tindakan suatu kaum, maka ia termasuk di dalamnya]. Manakala seorang Muslim dengan sadar meniru tingkah laku masyarakat non-Muslim maka tindakannya tidak dapat dibenarkan, akan tetapi apabila ia hanya berniat berpakaian rapi dan sopan amenurut norma internasional maka penggunaan dasi dapat dibenarkan. Di dalam Al-Qur’an diterangkan: “Qol man harrama zeenatallaahil-latee akhraja le ebaadih” [Katakan, siapakah yang melarang penggunaan aksesori/perhiasan yang telah diciptakan Allah untuk para hambaNya] [7:32], Umat Islam sekarang ini hidup dalam modern, berpegang teguh kepada tradisi lama akan memojokkan mereka sendiri. Bukan hanya dasi tetapi juga celana panjang yang ternyata bukan tradisi para umat Islam terdahulu, mereka yang mempertanyakan penggunaan dasi seyogyanya juga mempertanyakan pemakaian celana panjang dan penggunaan mobil untuk ke masjid.

Manakala ada Muslim tertentu yang menganggap pemakai dasi sama dengan bandit, maka sepatutnya ia berpikir ulang karena di negeri Barat (dan sebagian negeri Timur) para pemimpin termasuk Presiden, Wakil Presiden, Anggota Parlemen dll. semua memalai dasi. Kalau sampai ada Muslim yang masih berpendapat bahwa pemakai dasi adalah bandit, lalu pertanyaannya adalah mengapa Muslim semacam ini tinggal di negara Barat. Mengapa bekerja, tinggal dan berimigrasi ke Barat serta mengambil keuntungan dengan makmurnya negara Barat sementara ia berpendapat pemimpin negara tempat ia tinggal adalah bandit dan bukan menganggap mereka sebagai teman dialog?.  Wahai Muslim yang berhati sempit ini, anda boleh angkat kaki dari Amerika, kami tidak memaksa anda tinggal di sini.

(sumber : http://goimam.com/tanya-lm.htm)

August 8, 2008 - Posted by | Dasi

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: