just blog it……

……….like no others

Constantine

Setelah seringkali tayang di televisi, dan saya selalu gagal menontonnya. Percaya atau tidak setelah beberapa kali menunggu film ini pas jam tayangnya saya pasti tertidur. Akhirnya saya putuskan untuk meminjam filmnya di rental film terdekat. Film ini penting karena temanya adalah mempermainkan dan menebak eksistensi ketuhanan. Tema-tema yang selalu saya cari, seperti Omen, Da Vinci Code, Bram’s Stoker Dracula dan lain-lain.

Ulasan cerita:

Dalam pencarian di puing-puing reruntuhan di mexico, seorang pemuda menemukan Spear of Destiny terbungkus bendera NAZI. Setelah dirasuki kekuatan supranatural, pemuda itu memulai perjalannya ke Angel City, Los Angeles, dimana sepanjang perjalanan pemuda yang tampaknya tak terkalahkan ini menunjukkan banyak kerusakan satanis. Di Los Angeles seorang penganut Sekte John Constantine (Keanu Reeves) sedang mengusir seorang yang kerasukan iblis. Constantine menemukan fakta bahwa banyak iblis yang telah menyeberang realm neraka masuk ke dunia manusia.Malam sesudahnya seorang pasien rumah sakit Isabell Dodson melakukan bunuh diri, menambahkan rasa sedih dan ketidakberimanan pada diri saudara kembarnya Angela Dodson (Rachel Weisz) seorang detektif LAPD.

Ketika mengunjungi rumah sakit tempat Isabell bunuh diri. Angela bertemu dengan Constantine yang sedang di rawat di rumah sakit yang sama karena kanker paru-paru karena kebiasaan buruknya menjadi perokok berat sejak anak-anak.Muak dengan prediksi dokter, Constantine mengunjungi Gereja terdekat dan bertemu dengan malaikat Gabriel(Tilda Swinton), dengan marah dia tanyakan apa yang harus dia lakukan lagi untuk mendapatkan pengampunan Tuhan.Gabriel justru mengyerang balik kesepakatan antara Constantine dengan Tuhan, menunjuk pada maksud terselubung Constantine di balik perbuatan baiknya.Di tempat yang sama Angela sedang memohon pada pastur agarisabel mendapat pemakaman yang layak, tapi tidak bisa dikabulkan karena aturan Katolik berkaitan dengan bunuh diri.

Angela benar-benar yakin Isabell tidak mungkin melakukan bunuh diri dan melakukan penyelidikan dan mencurigai adanya kegiatan sektarian yang akhirnya mengarah lagi pada Constantine. Dia minta pendapat bagaimana seorang Katolik yang salih bisa melakukan bunuh diri. Constantine langsung berkesimpulan bahwa itu disebabkan karena sakit jiwa yang di derita oleh Isabel. Angela marah dan meninggalkan Constantine.Saat meninggalkan rumah Constantine, dia melihat para iblis mengejar Angela. Dengan tergesa-gesa Constantine mnjelaskan pada angela bahwa bumi adalah tempat yang netral antara SUrga dan Neraka dimana Tuhan dan Setan bertaruh untuk memperebutkan lebih banyak jiwa manusia, yang akan menuju pada satu dari 2 pilihan, “salvation” atau “damnation” untuk seluruh manusia, tergantung jumlah yang dikuasai Tuhan atau Setan. Karena intervensi oleh Iblis atau Malaikat secara langsung dilarang maka makhluk peranakan-manusia dengan campuran keturunan iblis atau malaikat bisa mempengaruhi.Angela tidak percaya sampai iblis-iblis yang mengejarnya menyerang. Akhirnya Constantine mengatakan sejak lahir dia punya kemampuan melihat iblis atau Malaikat.Karena orangtuanya tidak percaya akan hal ini, mereka memasukkan Constantine ke perawatan. Akhirnya dia memutuskan untuk bunuh diri karena tidak tahan terhadap siksaan, dan masuk Neraka, sebelum dokter berhasil menghidupkannya kembali.Sekarang dia yakin akan masuk neraka, maka dia bertempur dengan kekuatan neraka yang ada di Bumiuntuk mendapatkan rahmat Tuhan, membuat Setan yang sekarang punya masalah pribadi dengan Constantine marah.

Constantine akhirnya menemukan bahwa Angela dan Isabel adalah Cenayang, dimana kekuatan itu ditekan oleh Angela ketika dia tumbuh dewasa. Akhirnya kemampuan Angela bisa dibangkitkan kembali dengan bantuan Constantine. Mereka berdua akhirnya bertemu dengan Balthazar, makhluk peranakan iblis yang berkonspirasi dengan anak setan, Mammon untuk menaklukkan Bumi.Mammon setelah merasuki seorang wanita cenayang, hanya bisa melintas ke Buni dengan bantuan Tuhan, dengan perantara Spear of Destiny yang ternoda oleh darah Jesus Christ, satu-satunya anak Tuhan.Setelah mengalahkan Balthazar, Constantine dan angela berusaha untuk kabur, tetapi angela diculik oleh kekuatan yang tak terlihat ke rumah sakit dimana isabell bunuh diri. constantine menyusul, dan menemukan pria dari meksiko dengan Spear of Destiny berusaha membantu Mammon merasuki Angela.Constantine dan Apprentice-nya Chas Kramer berjuang untuk menekan Mammon dari tubuh Angela dan hampir berhasil, sampai akhirnya kekuatan yang tak terlihat yang menculik angela datang dan membunuh Chas.Constantine mengucapkan mantra untuk melihat kekuatan tak terlihat itu yang ternyata adalah Gabriel.Merasa tidak senang dengan kemurahan tuhan memberikan pengampunan pada manusia, Gabriel berjanji untuk menginfeksi Bumi dengan Neraka, menyatakan bahwa manusia yang benar-benar Mulia atau pemberani yang bisa mendapatkan pengampunan dan penyelamatan, yang hanya bisa terjadi kalau manusia berada dalam horor dan kesulitan, yang akan dilakukan oleh Mammon.

Saat Gabriel mempersiapkan melepas Mammon, Constantine berdoa apa Tuhan untuk campurtangan-Nya.Tapi tidak ada jawaban, kehabisan pilihan, Constantine akhirnya memotong urat Nadinya sendiri, karena dia tahu kematiannya akan membawa sang Lucifer sendiri untuk mengambil jiwanya. Pada saat kematian Constantine, waktu berhenti dan Lucifer datang. Pada awalnya sangat senang, Lucifer akhirnya marah dengan rencana Mammon yang awalnya tidak dia percaya. Akhirnya yakin anaknya melanggar hukum Tuhan, Lucifer menghentikan ritualdan mengirim kembali Mammon ke Neraka. Gabriel akhirnya juga kehilangan Cahaya Tuhan dan menjadi tidak berdaya. Lucifer kembali ke Constantine dan bertanya balasan apa yang diinginkan oleh Constantine. Constantine minta jiwa dari Isabell dikembalikan ke surga. Lucifer mengabulkan dan menyeret jiwa Constantien ke Neraka. Tapi usaha Lucifer dihentikan oleh cahaya ketuhanan, yang menyatakan Constantine layak masuk surga karena pengorbanan jiwanya. Lucifer sangat marah dan berusaha mencegah Cosntantine masuk surga, dengan cara menghidupkannya kembali dan menghilangkan kanker paru-paru yang dimilikinya, agar punya kesempatan mengambil jiwa Constantine jika salah langkah. Constantine kembali hidup, menolong angela dan mengambil Spear of Destiny dari lantai. Gabriel yang sekarang menjadi manusia biasa juga muncul dari kolam.Spear of Destiny akhirnya disembunyikan disuatu tempat oleh Angela dan Constantine berhenti merokok.

Di akhir film, Constantine mengunjungi makam Chas dan menemukan Chas telah menjadi malaikat dan terbang ke langit.

Analisis saya:

  • Film ini sangat bagus untuk kampanye merokok, dan menawarkan cara yang tidak biasa untuk berhenti merokok.
  • Film ini untuk konsimsi penduduk Indonesia cukup sensitif ada beberapa konsep yang ditawarkan pada film ini yang bertentangan dengan fondasi keimanan agam kristen pada umumnya.
  • Pada film ini ada anggapan bahwa Tuhan dan Setan sedang bertaruh atas jiwa-jiwa manusia, jelas ini bertentangan dengan prinsip ketuhanan agama Kristen
  • Salvation yang ditawarkan Tuhan, sebagai ultimate principle of Christian juga dianggap tidak adil, karena setiap bajingan, penjahat, villain, bad guy bisa masuk surga karena anak Tuhan telah menebus dan menjadi juru selamat mereka, hanya dengan percaya dan bertobat.
  • Dalam perspektif film ini Satan dan God punya status yang sama, dan tidak bisa saling mengintervensi.

Wal hasil harusnya badan sensor lebih sensitif lagi membolehkan film ini tayang di Televisi secara Nasional.

August 14, 2008 - Posted by | film

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: