just blog it……

……….like no others

KRAV MAGA

Beberapa waktu yang lalu, saya melihat sekilas acara di TV7 kalau tidak salah,tentang 10 beladiri terbaik dunia, salah satunya adalah krav maga. Saya hanya melihat sekilas tayangannya sehingga saya tidak tahu banyak. Karena baru dengar saya search di wikipedia dan beberapa situs lainnya dan inilah hasilnya, beberapa ulasan tentang krav maga secara singkat padat jelas. seperti mengisi ujian he he he.
Krav maga berasal dari bahasa Hebrew yang berarti “close combat”, sebuah beladiri campuran dan hand-to-hand combat gaya militer yang dikembangkan israel, dengan asumsi tanpa ampun, dan menitikberatkan pada netralisasi ancaman dalam konteks kehidupan nyata.

Prinsip dasar
Dalam krav maga tidak ada aturan yang jelas dan tegas. Dan tidak ada perbedaan latihan untuk pria dan wanita. Krav maga bukan olahraga, tidak ada kostum maupun kompetisi, meskipun beberapa organisasi menyadari adanya kemajuan melalui latihan dan tanda pangkat. Semua teknik berfokus pada efifiensi dalam kehidupan nyata.Krav maga umumnya mengasumsikan bahwa serangan individual bersifat seketika dan tanpa jeda. Oleh karena itu sebagai respon serangan dan pertahanan ditujukan untuk menetralisisr dan meloloskan diri secepat mungkin dari situasi ancaman yang mematikan. Serangan mematikan ke bagian-bagian tubuh tertentu meliputi serangan ke mata dan selangkangan, serangan dengan kepala (headbutt) dan beberapa serangan efektif dan brutal lainnya, improvisasi pengggunaan objek-objek yang berada di dekat lokasi pertarungan dan memaksimalkan keselamatan petarung.Karena efek dari serangan ini mematikan maka petarung harus benar-benar mengatur tingkat serangan pada efek yang diinginkan, tidak harus menekankan pada efek maksimum.

Berikut ini beberapa teknik dasar dalam kravmaga:

  • jangan terluka
  • Secepatnya menetralisir penyerang
  • Secepatnya berpindah dari posisi bertahan ke posisi menyerang
  • Mengeksploitasi refleks natural dari tubuh
  • Mengeksploitasi titik-titik mematikan dalam tubuh manusia
  • Menggunakan segala benda yang bisa digunakan untuk bantuan
  • Berdasarkan deskripsi yang ditulis sebagai publikasi pribadi dari media site Associated Content, premis dasar dari Krav maga adalah :
  • Jangan kuatir terhadap kerusakan yang dalami oleh penyerang
  • Lakukan kerusakan sebanyak mungkin, kemudian larilah

Jangan coba-coba memperpanjang pertarungan Premis ini dikembangkan dalam konteks situasi yang mengancam keselamatan. Instruktur Krav maga selalu menekankan keseimbangan antara response dengan bahaya atau resiko.Secara umum, krav maga mengharuskan petarung untuk mengurus dulu ancaman yang lebih dahulu muncul, untuk mencegah serangan berikutnya. Lebih jauh, beberapa kondisi mengharuskan petarung menyerang duluan untuk menghindari perkembangan situasi yang berbahaya.

Training
Meskipun Krav maga berbagi teknik dengan beberapa seni beladiri yang lain, latihan sangat berbeda. Latihan ditekankan pada situasi yang paling buruk atau dari posisi yang tidak menguntungkan, sebagai contoh melawan banyak musuh.Krav maga menekankan pada pembelajaran yang cepat dan retzev (“continuous combat motion”) dengan tujuan efektifitas serangan maupun pertahanan.
Instruktur menekankan 2 aturan latihan:

  • tidak ada aturan dalam perkelahian
  • Seseorang tidak boleh melukai partner berlatih.

Latihan mengkombinasikan kondisi latihan aerobik dan an-aerobik. latihan selalu menggunakan pelindung sehingga bisa merasakan serangan maupun pertahanan pada tenaga penuh.Ini penting, agar peserta latihan bisa melatih teknik pada tenaga penuh dan merasakan efek dari teknik tersebut ketika diserang.Peserta juga menggunakan beberapa pelindung tambahan misalnya pelindung kepala, pelindung gigi, pelindung kemaluan dan lain-lain, untuk memastikan beberapa tingkatan kekerasan bisa dilakukan tanpa melukai peserta latihan. beberapa tempat latihan menggabungkan “Strike dan Fight” pada full body contact sparring, untuk membiasakan peserta latihan dengan tekanan dari suatu situasi kekerasan. latihan bisa juga dilengkapi dengan musik yang keras, dimaksudkan untuk mengabaikan usikan perangkat keras yang bisa mengganggu konsentrasi, dan tetap fokus pada situasi yang diinginkan. Latihan jenis lain adalah melakukan latihan sehingga petarung sudah habis staminanya baru diserang dan harus bertahan dalam kondisi exhausted. Latihan outdoor dibeberapa situasi lapangan yang berbeda juga harus dilakukan untuk membiasakan petarung dengan kondisi alam yang tidak terkendali.

Sejarah
Karav maga dikembangkan di Hongaria dan Cekoslovakia tahun 1930 oleh Imi Lichtenfeld. Dia mengajarkan cara bertarungnya pertama kali di Bratislava untuk melindungi orang yahudi dari para NAZI.Setelah datang di British Mandate of Oalestine, imi mulai menyebarkan cara bertarung ini pada Hagganah, Tentara Bawah tanah yahudi, dalam rangka pembentukan negara yahudi.Setelah israel terbentuk tahun 1948, Imi menjadi kepala instruktur Physical fitness dan Krav maga pada Israel defense force. Imi bekerja di IDF sampai 20 tahun berikutnya, sambil terus menyempurnakan tekniknya.

Ekspansi di luar Israel awal tahun 1980-an, semua ahli krav maga hidup dan berlatih dibawah Israel krav maga Association. Tahun itu menandai awal kontak ahli krav maga israel dengan penggemarnya di USA. Tahun 1981, 6 orang ahli krav maga pergi ke amerika untuk mendemostrasikan krav maga di Jewish Community center. Kemudian demonstrasi juga dilakukan di kantor FBI dan Pusat pelatihan Utama FBI di Quantico, Virginia. Hasilnya adalah 22 orang amerika dikirim untuk belajar dasar-dasar Krav maga Ke israel. Akhirnya krav maga menjadi seni beladiri yang diajarkan di jajaran penegak hukum amerika. tertarik?datang saja ke Netanya, isrel untuk ikut sertifikasi pelatih.

August 28, 2008 - Posted by | Martial Arts, Uncategorized

1 Comment »

  1. kalo boleh tau, selain krav maga, beladiri apa saja yang masuk 10 beladiri terbaik dari yang saudara nonton di TV7??
    Kalo menurut saya, beladiri yang terbaik adalah : AKHLAK MULIA..
    ‘adi (www.senimanbeladiri.blogspot.com)

    Comment by 'ADI | November 20, 2008 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: