just blog it……

……….like no others

FPI dan BATMAN

Dalam Film yang terbaru, batman : The dark Knight, ternyata film Batman tidak bercerita lagi tentang hebatnya aksi solo sang superhero membela kebenaran dan keadilan. Menonton film ini, menit demi menit pemirsa disuguhi plot-plot yang mewakili kondisi riil masyarakat. Sebuah sajian yang merangkum konflik-konflik social yang terjadi mewakili Negara maju sampai Negara yang masih memperjuangkan demokrasinya. Betapa tidak. Cerita dimulai dengan mempertontonkan betapa egois dan kejamnya manusia kalo dihadapkan pada pembagian kekayaan. Rombongan badut mewakili manusia yang saling bekerjasama mencapai satu tujuan, kian dekat dengan tujuan itu maka jumlah orang yang menikmati harus berkurang, sehingga rasio pembagian bisa menjadi semakin besar. Bagaimana mereka membantai masing-masing anggota kelompok badut setelah mereka selesai menyelesaiakan tugasnya (..atau sudah habis kegunaan mereka untuk mendukung tujuan) maka mereka harus masuk kotak. Sangat mirip bukan dengan panggung perpolitikan yang ada di Indonesia. Kader-kader baru direkrut ketika masa pemnilu sudah dekat. Caleg-caleg baru dibujuk untuk masuk dengan imbalan dan janji-janji kemapanan di partai yang dipilih. Tapi tentunya setelah anggota dewan yang terhormat terpilih, caleg-caleg yang tidak jadi, yang sebenarnya hanya dipakai meraup suara untuk sang nomor jadi dicampakkan. Pengurus parpol yang lama, setelah berhasil membesarkan partai baru, dan menjadi partai yang eksis, harus tergusur oleh kerabat dari pendiri partai atau orang yang mau membeli posisi di partai baru tersebut, sementara fungsionaris yang berdarah-darah mendirikan membidani dan membesarkan partai tersungkur dengan indahnya.

Sosok sang Joker, juga mewakili pribadi yang tersakiti dan tersingkirkan. Mewakili pecundang yang gagal beradaptasi pada dunia yang beradab tapi sebenarnya korup. Joker hanyalah manifestasi dari keinginan terdalam orang-orang yang dikalahkan system, yang ingin membalas dendam dan meraup keuntungan sebanyak-banyaknya dari suatu kondisi. Dalam hal ini kesenangan pribadi yang menyimpang. Joker adalah godaan terhadap hati yang baik dan lurus, yang “play by rule” tetapi hasilnya tidak sesuai dengan harapan. Luka di wajah joker sebenarnya merupakan bekas dari sosok yang tersakiti. Bisa karena disakiti oleh orang terdekat.Joker menjelaskan pada korbannya, luka dibibirnya akibat disayat pisau oleh ayahnya yang pemabuk, ketika melihat sang ayah menusuk-nusuk ibunya. Dilain waktu, sang Joker membual luka itu dia sayat sendiri untuk menunjukkan pada istrinya dia tetap mencintai istrinya walaupun wajah sang istri sudah rusak disayat-sayat sang penagih utang. Artinya asal luka tidak penting, yang penting luka itu tetap ada sebagai tanda sang Joker telah mengalami sakit yang luar biasa yang bisa digunakan untuk menjustifikasi tindakan kejamnya. Bukankah kita juga begitu? Masyarakat yang tega membakar pencuri ayam, membantai habis pencopet, membakar gedung pemerintah ketika berdemonstrasi?mencaci maki aparat yang mengambil alih lahan yang bukan haknya?

Batman sendiri harus memilih apakah harus menjadi kstaria putih yang membela kebenaran pada jalur hokum yang sah, seperti yang dilakukan Harvey Dent. Ataukah Karena kondisi social yang sangat ekstrem, sesungguhnya pahlawan tidak dibutuhkan? Yang dibutuhkan adalah kstaria gelap yang menebar terror dengan caranya sendiri? Dihujat dan dicaci maki tetapi sebenarnya dalam hati kecil dibutuhkan? Mungkin Jalan inilah yang dipakai oleh Front pembela Islam, mereka tidak perlu menjadi pelindung HAM, pendamba toleransi, dan penjunjung kebebasan beragama. Mereka adalah preman, ada yang bilang penjahat berjubah, tetapi mereka hadir karena bangsa ini butuh dark knight2 yang tegas melawan ambivalensi hukum dan undang-undang.

September 4, 2008 - Posted by | catatan kaki

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: